Program Cangkrukan di Angkringan POS (Gaya baru Keamanan Rt 7)

0

 



Konsep:

  • Kolaborasi angkringan bersama, "buat sendiri, jual sendiri, juga dilarisi"
  • Keamanan Bersama:
    • Mengubah konsep jaga keamanan jadi lebih menyenangkan, memperbanyak pertemuan non formal
    • Manfaatkan keikutsertaan warga dalam menjaga keamanan sekitar, terutama malam hari. Ini dapat mencakup pemantauan CCTV atau patroli bersama.
    • Pemuda penjaga Angkringan malam sekaligus sebagai koordinator pos, sambil lalu cek CCTV di 6 tiitk penting RT
    • Memfasilitasi dana menemani yang mau dan hobby melek malam
  • Gratis makan-minum untuk yang lagi on duty jaga
    • Makan-minum sudah dijatah tertentu, sekenyangnya
    • free Internet voucher untuk yang jaga tanpa belanja
  • Program Loyalty:
    • Berikan insentif pada warga yang aktif meenemani jaga malam, seperti diskon khusus pembelian makanan angringan, (sesuai absensi yang dilakukan pemuda).
    • Libatkan warga dalam pengambilan keputusan terkait angkringan untuk menciptakan keterlibaran dan rasa amemiliki
  • Selain menjadi tempat makan, juga menjadi pusat kegiatan komunitas dengan susana lebih gayeng dan santai
    • Buat jadwal rutin mingguan untuk :
      • Pemberdayaan dan pelatihan rutin anak muda
      • Pemberdayaan dan pelatihan rutin bapak-bapak
      • Pemberdayaan dan pelatihan rutin ibu-ibu
      • Pemberdayaan dan pelatihan rutin anak-anak
    • Selain untuk salah satu wadah pertemuan  silaturahmi antar tetangga juga ajang :
      • Sarana #salingsapa #salingkenal
      • Tempat ngobrol, bincang santai antar warga RT. 7 sehingga dapat memupuk keguyuban antar warga
      • Saling membicarakan aspirasi dan solusi dilingkungan RT
      • Program nonton bareng bersama
    • Mengajak warga mengorganisir acara atau pertemuan disekitar angkringan POS untuk meningkatkan interaksi, kerukunan, dan guyub warga.
      • Bangun saluran komunikasi terbuka antara pengelola angkringan dan warga: untuk mencegah atau menyelesaikan potensi masalah yang akan terjadi lebih cepat.
      • Bangun rasa memiliki dan keterlibatan yang lebih besar
    • Memanfaatan teknologi untuk melariskan jualan via online:
      • Penerimaan pembayaran digital dan promosi online dapat membantu meningkatkan visibilitas.
      • Yang dijual online aneka yang bisa laku online, bukan barang angkringan. Terutama yang bisa di produksi warga (sebagai distributor dan penjual utama)
    • Promosi Bersama:
      • Antara angkringan, warga, dan pengurus
  • Penjaga dan pembeli Angkringan diberi voucher Free Wifi :
    • Voucher 1 jam/orang/malam


Memanfaatkan pemberdayaan warga dalam program angkringan sekaligus jaga malam di pos

  • Mulai buka jam laris: 
    • Pagi Jajanan : Aneka Jajanan buat sangu dan sarapan warga yang sibuk
    • Sore habis maghrib - sebelum subuh
  • Program Kemitraan dengan ibu-ibu warga RT 7:
    • Pemberdayaan ekonomi lokal:
      • Dukung pemberdayaan ekonomi lokal dengan warga dalam rantai pasok angkringan. Misalnya, mendukung usaha mikro lokal atau petani lokal sebagai pemasok bahan baku.
    • Melibatkan ibu-ibu sebagai bagian produksi aneka makanan dan jajanan
      • Bukan cuma untuk angkringan
      • Juga kemungkinan meluas ke:
        • Distribusi makanan se Pucang-Gading
        • Jual Online (difasilitasi dan dilatih jualan online)
        • Jadi pusat oleh-oleh
    • Terutama untuk memberdayakan ibu-ibu yang punya banyak waktu luang juga lebih membutuhkan tambahan ekonomi
    • Akan diberikan pelatihan rutin dari instansi/ahli terkait, terutama yang laku/laris dijual online:
      • Pembuatan aneka jajanan dan kue
      • Pembuatan aneka makanan
  • Memberdayakan pemuda (karang-taruna) sebagai pengelola :
    • Memberdayakana mereka aktif dakam kegiatanaa posirif warga, sekaligus tempat mangkal koordinasi karang-taruna
    • Ajak mereka ikut serta dalam operasional angkringan dengan cara menjadi sukarelawan atau karyawan paruh waktu.
    • Ajari bisnis dan dapat keuntungan
    • Mengkoordinir jajanan yang bisa dititipkan ke tempata lain juga se-pucang-gading
    • Beri fee dan bagi keuntungan yang jelas.  Untuk awalnya ndak terlalu laku ndak papa, berjalan seiring waktu belajar dari bawah
    • Beri pelatihan dan Orientasi, ajarkan tentang : 
      • Operasional angkringan
      • Standar pelayanan
      • Cara menjaga kebersihan
      • Cara Jualan Online
      • dll
    • Jadwal Shift pemuda:
      • Pastikan ada cukup anak muda yang mau terlibat

  • Mengapa memilih memulai dari Bisnis model angkringan:
    • Modal relatif Rendah:
      • Cukup berupa gerobak kecil atau tenda sederhana dengan menggunakan lokasi POS
    • Menu Variatif dan Harga Terjangkau:
      • Bisa melibatkan banyak warga.
    • Lokasi Pos Strategis:
      • Meningkatkan peluang penjualan.
    • Fleksibilitas waktu Operasional
    • Pelayanan Cepat, Ramah, serta suasana gayeng:
      • Kecepatan pelayanan adalah kunci kesuksesan angkringan. Pastikan pelayanan cepat dan ramah kepada pelanggan.
    • Inovasi Menu:
      • Untuk memikat pelanggan, bisa terus berinovasi dengan menambahkan menu baru atau memberi sentuhan unik pada menu yang sudah ada.
    • Pastikan kebersihan tempat usaha dan kualitas makanan tetap terjaga.:
      • Memberi kesan positif dan membangun kepercayaan pelanggan.
    • Kemitraan Lokal:
      • Bekerjasama dengan ibu-ibu pemasok lokal dapat membantu memperoleh harga yang lebih terjangkau.
    • Dengarlah masukan dari pelanggan dan terapkan perubahan yang diperlukan:
      • Membangun komunitas akan memudahkan mendapat feedback, pemahaman pada kebutuhan pembeli yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan dan jualan.


Langkah-langkah prosedur setor makanan dari warga untuk angkringan:

  • Pendaftaran Mitra:
    • Ajak warga yang ingin menitipkan makanan dan jajanan untuk ndaftar sebagai mitra angkringan. Berupa mengisi formulir sederhana yang mencantumkan informasi dasar, jenis makanan yang ditawarkan, dan ketersediaan waktu.
  • Verifikasi produk makanan:
    • Pastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kebersihan dan prioritas jualan laris
  • Atur jadwal pengantaran makanan ke angkringan:
    • Pastikan ada koordinasi yang baik antara mitra dan pengelola angkringan.
  • Pengemasan yang Tepat:
    • Berikan panduan kepada mitra mengenai pengemasan makanan. Pastikan makanan dikemas dengan baik untuk menjaga kebersihan dan kesegaran selama proses pengantaran.
  • "Label dan bungkus makanan yang menjual"
  • Lakukan inspeksi pada produk yang diterima:
    • Sebelum dimasukkan dalam stok angkringan. Periksa kembali kebersihan, kualitas, dan sesuai apa yang dijanjikan.
  • Catat setiap makanan datang ke dalam daftar stok:
    • Membantu dalam manajemen stok dan memastikan rotasi barang yang baik.
  • Komunikasi 2 arah yang baik antara pengelola angkringan dan mitra:
    • Berikan umpan-balik mengenai penerimaan makanan, dan terbuka terhadap masukan atau saran yang diberikan.
  • Pembaruan Menu:
    • Sesuaikan menu angkringan dengan produk makanan baru yang diterima dari mitra. Berikan variasi menu untuk meningkatkan daya tarik pelanggan.
  • Inisiatif Promosi Bersama:
    • Manfaatkan setiap kontribusi mitra sebagai peluang untuk promosi bersama. Misalnya, umumkan kehadiran produk baru atau mitra baru melalui sosmed angkringan.
  • Penghargaan:
    • Untuk mendorong partisipasi, pertimbangkan memberikan penghargaan kepada mitra yang secara aktif berkontribusi dalam jangka waktu tertentu.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
wa
wa