Cara Bisnis Tas Untuk Pemula, Pasti Berhasil dan Sukses

0

  


 Tentukan Konsumen

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan konsumen, tak terkecuali dengan bisnis tas. Tak dapat dipungkiri bahwa masa depan dari sebuah usaha terdapat pada konsumen yang tetap setia menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.

    Menentukan konsumen juga akan menjadi titik awal dalam lingkaran usaha di mana akan berpengaruh terhadap metode pemasaran, vendor, proses produksi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, bagi Anda yang merupakan seorang pemula dalam bisnis tas, tentukanlah terlebih dahulu siapa konsumen yang Anda sasar nantinya.

    Persiapkan Modal

      Setelah tahu jenis tas apa yang akan Anda pasarkan, kini saatnya memikirkan masalah modal usaha. Tak dapat dipungkiri bahwa modal merupakan kunci dalam memulai sebuah usaha. maka dari itu, mempertimbangkan dengan baik sumber dan jumlah seluruh modal yang harus dimiliki sangatlah penting untuk dipersiapkan pemula seperti Anda.

      Modal usaha tersebut dapat Anda gunakan untuk merintis usaha seperti membeli peralatan untuk proses produksi atau kulakan dari para vendor apabila Anda penjual barang jadi. Tak hanya sampai di situ, dana tersebut dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis seperti sewa tempat usaha, biaya promosi, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

      Menentukan Jenis Usaha

        Apabila modal sudah dikantongi, kini saatnya bagi Anda untuk memikirkan masalah jenis usaha. bagaimana maksudnya? Terdapat dua pilihan dalam bisnis tas ini, yang pertama yaitu sebagai usaha manufaktur yang memproduksi barang dagangannya sendiri atau perusahaan dagang yang mengambil persediaan dari vendor terkait.

        Keputusan dalam poin yang satu ini memegang peranan yang cukup penting untuk kelanjutan bisnis Anda di masa depan. Ketika memilih mengambil barang dari vendor, maka Anda harus membuat daftar vendor dan menyeleksinya untuk mendapatkan tas yang berkualitas.

        Sedangkan untuk jenis usaha manufaktur, Anda harus memikirkan banyak hal seperti karyawan, peralatan memproduksi, tempat usaha, skill, dan masih banyak lagi.


        Jadi bagaimana? Keputusan terdapat di tangan anda. Tentukan pilihanmu dengan baik dan bijak ya!

        Tentukan Apa Keunggulan Produk Anda?

          Apa keunggulan produkmu? Pertanyaan ini pasti dipikirkan atau bahkan dilontarkan oleh sebagian customer ketika sedang membandingkan tas buatan Anda dengan tas sejenis dari produsen lain.

          Tak dapat dipungkiri bahwa sebagai seorang customer pun Anda ingin mendapatkan barang yang berkualitas dan bagus. Nah, poin inilah yang menjadi kesempatan bagi Anda untuk berinovasi agar produk tasmu lebih unggul dari pesaing.

          Tentukan keunggulannya! Apabila Anda ingin bermain dalam hal kualitas, pastikan bahan tas Anda berkualitas pula. Pastikan pula proses produksi juga berjalan lancar, sehingga tas dalam keadaan prima dan kecacatan barang dapat diminimalisir.

          Namun apabila Anda ingin unggul dalam hal harga, pastikan harga yang Anda kenakan lebih rendah dibandingkan dengan pesaing. Lakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengamati harga yang dikenakan pesaing untuk tas sejenis. Untuk harga yang bersaing, Anda dapat bermain dalam hal bahan produksi atau kuantitas produksi.

          Ingat barang yang terjangkau bukan berarti barang murahan ya! Meskipun Anda mematok harga murah, namun Anda tetap harus memantau proses produksi dan output dari proses produksi yang dilakukan.

          Tentukan Juga Apa Kelemahan Produk Anda?

            Setiap hal di dunia ini pasti memiliki kekurangan! Kalimat tersebut memang ada benarnya bahkan dalam hal bisnis tas ini. meskipun melalui proses produksi yang apik dan bahan yang berkualitas, produk tas yang Anda miliki tentunya memiliki satu kekurangan.

            Meskipun demikian, hal ini bukan menjadi alasan bagi Anda untuk menutup-nutupinya agar pelanggan tidak kabur. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Anda untuk memastikan kelebihan yang dimiliki jauh lebih besar daripada kekurangannya.

            Contohnya saja, produk tas Anda memiliki satu kekurangan yaitu harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan tas sejenis dari produsen lainnya. Tentu harga menjadi satu dari sekian banyak pertimbangan dari customer.

            Dibalik harga yang mahal tersebut, Anda harus dapat meyakinkan pelanggan bahwa dana yang dikeluarkan akan sepadan dengan kualitas yang didapatkan. Pastikan bahwa produk Anda memiliki kualitas super dengan bahan berkualitas.

            Hal inilah yang menjadi alasan bagi para sosialitas untuk membeli merek tas ternama seperti Hermes, Channel, Zara, dan masih banyak lagi meksipun memiliki harga yang selangit. Selain untuk gengsi mereka juga percaya bahwa tas dari merek tersebut memiliki kualitas yang bagus.

            Strategi Marketing

              Berbeda dengan merek-merek tas yang kami jelaskan di atas, tanpa promosi berlebih mereka akan tetap memiliki pelanggan setia meskipun dengan harga selangit. Anda yang merupakan seorang pemula kini sedang membangun brand image dari produk yang dimiliki.

              Marketing menjadi satu dari sekian banyak cara bisnis tas untuk pemula yang cukup penting. Marketing digunakan untuk memasarkan produk tas Anda kepada semua orang, sehingga tertarik untuk membeli. Tak hanya itu, marketing juga memegang peranan penting dalam membangun branding image dari bisnis yang Anda bangun.

              Dengan adanya perkembangan teknologi, tidak salah Anda turut mengikuti agar dapat terus terpantau dari jangkauan pelanggan. Jangan sampai, pelanggan malas membeli hanya karena akses pembelian yang rumit dan susah.

              Contohnya saja, gunakan media sosial instagram atau platform e- commerce lainnya untuk terus memberikan informasi dan promosi lengkap kepada pelanggan.

              Kreativitas dan Keunikan Produk Tas

                Kunci sukses untuk menjadi seorang pengusaha bisnis tas yang handal meskipun seorang pemula adalah terus memupuk kreativitas dan keunikan dalam setiap produk yang dihasilkan. Dengan sentuhan kreativitas, produk Anda akan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan milik pesaing.

                Keunikan juga menjadi nilai tersendiri di mana konsumen untuk terus tertarik dan menaruh minat dalam produk anda.

                Lalu bagaimana cara menjadi kreatif dan unik? Caranya cukup mudah yaitu dengan terus belajar dan berinovasi dengan melihat tren yang sedang berkembang saat ini. tambahkan sedikit kreativitas agar produk Anda unik dan terkesan orisinil dibandingkan dengan produk milik pesaing.

                Tentukan sendiri kreativitas dan keunikan dengan gaya diri Anda!

                Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa langkah mudah dan cara bisnis tas untuk pemula. Kira-kira kapan Anda akan memulai usaha bisnis tas ini sendiri? Segeralah mulai agar Anda dapat terus berkreasi dengan hadian pundi-pundi rupiah yang terus bertambah.

                Salah satu wirausaha yang telah sukses dapat Anda jadikan contoh dalam bisnis tas ini adalah jasa konveksi tas oscas. Bagi Anda yang sedang mencari jasa untuk produksi tas dapat pula menggunakan jasa kami. Atau Anda ingin memiliki brand tas milik Anda sendiri tapi tidak ingin ribet masalah produksi, tak masalah kami juga bisa membantu Anda!


                sumber: https://oscas.co.id/cara-bisnis-tas-untuk-pemula/


                 9 Ide Bisnis Produksi Tas yang Hasilkan Cuan 

                Berdasarkan penelusuran Mediaini dari berbagai sumber, berikut ide bisnis produksi tas yang hasilkan cuan.

                Shoulder Bag

                  Shoulder bag adalah tas yang penggunaannya tersampir pada satu bahu. Tas jenis ini hampir dimiliki oleh semua wanita dan memiliki ukuran yang bervariasi dari kecil sampai cukup besar. Jadikan shoulder bag sebagai ide bisnis produksi tas yang menghasilkan cuan.

                  Backpack

                    Backpack memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis tas lainnya sehingga dapat memuat barang-barang berharga seperti laptop, buku, dan benda lain yang berukuran besar. Tas ini sering digunakan untuk pergi ke sekolah, kampus, hingga piknik. Jadikan backpack sebagai ide bisnis produksi tas yang paling banyak dicari konsumen.

                    Waist Bag

                      Anda dapat mempertimbangkan waist bag menjadi ide bisnis produksi tas Anda. Jenis tas ini digunakan dengan cara disampirkan di salah satu bahu ataupun di pinggang. Waist bag sering digunakan dalam acara-acara yang sporty dan terkesan santai.

                      Handbag

                        Handbag  memiliki ukuran sedang dan dapat membawa barang-barang penting sehingga tetap mempertahankan gaya tetap on point. Ukuran tali yang relatif pendek membuat tas ini memiliki kesan kasual dan elegan. Jadikan handbag menjadi ide bisnis produksi tas yang harus dimiliki wanita.

                        Bucket Bag

                          Bucket bag memiliki bentuk yang unik sehingga membuatnya terkesan menarik dan menggemaskan. Jenis tas ini memiliki tali yang berfungsi sebagai penutup., jika tali atas ini ditarik maka bagian atas pada tas akan menguncup dan menutup. Jadikan bucket bag menjadi ide bisnis produksi tas yang banyak digemari wanita.

                          Tote Bag

                            Tote Bag juga sering disebut sebagai tas belanja dan tas pantai karena ukurannya yang relatif besar. Jadikan tote bag sebagai ide bisnis produksi tas yang menguntungkan. Sediakan tote bag dengan variasi bahan dan model.

                            1. Clutch Bag

                            Clutch bag merupakan salah satu tas yang dikenal dengan gaya modern yang elegan. Biasa digunakan untuk acara semi-formal dan formal pada malam hari sehingga membuat penampilan Anda terlihat manis dan mewah. Anda bisa menjadikan clutch bag sebagai ide bisnis produksi tas yang diburu banyak wanita.

                            1. Wristlet

                            Wristlet merupakan jenis tas kecil dengan tali pendek yang biasa dipakai di pergelangan tangan. Biasanya, wristlet menggunakan desain resleting dengan sisi yang melebar dan berbentuk seperti amplop. Anda bisa mempertimbangkan wristlet sebagai ide bisnis produksi tas yang biasa digunakan untuk membawa barang sedikit agar tidak repot membawa tas besar.

                            1. Drawstring bag

                            Drawstring bag atau tas serut memiliki desain yang simpel. Tas ini berbentuk seperti karung kecil dengan penutup serut dengan dua tali pengikat. Anda patut mempertimbangkan drawstring bag menjadi ide bisnis produksi tas serut yang dibuat dengan kain dan desain yang sangat sederhana.


                            Tips Sukses Bikin Desain Tas yang Inovatif 

                            Tas merupakan salah satu perlengkapan fashion yang selalu berubah dan memiliki trennya sendiri. Maka dari itu, Anda perlu memiliki ide sebagai inspirasi desain tas terbaru agar ide bisnis produksi tas Anda lebih variatif. Sebelum membuat desain tas, Anda harus memperhatikan jenis tas apa saja yang sedang atau akan Anda tawarkan ke konsumen nantinya dengan menyesuaikan identitas brand yang akan Anda usung. Dengan mengenali jenis-jenis tas, akan membantu Anda lebih fokus pada pengembangan desain dan produk serta membangun ciri khas di mata pasar.

                            Fokuslah pada jenis tas tertentu dan hindari mendesain semua jenis tas yang dirasa tidak perlu. Dengan begitu, Anda dapat membangun spesialisasi produk dan desain tas sebagai identitas dan ciri khas brand Anda. Misalnya Anda ingin menjual produk shoulder bag . Maka, secara otomatis Anda tidak perlu pusing memikirkan desain jenis tas lain dan hanya fokus dengan pengembangan produk shoulder bag sehingga proses pencarian inspirasi desain akan jauh lebih efektif dan efisien dalam segi waktu, pikiran, dan tenaga.

                            Tren tas terus mengalami perputaran dan perubahan setiap waktu baik dari sisi model sampai dengan desain. Karena itu, Anda perlu menyeimbangkan bisnis tas milik Anda dengan perubahan agar dapat terus berkembang. Anda harus uptodate dan rajin memantau perkembangan tren fashion tas sehingga Anda akan terus menerus mendapat inspirasi desain tas. Jangan lupa catat ide tersebut agar inspirasi berharga Anda tidak sia-sia.

                            Melalui tren dan kebutuhan pasar Anda dapat membuat desain tas yang konsumen inginkan dan kekinian. Untuk memperoleh informasi tersebut, Anda perlu menginvestasikan waktu dalam riset pasar dan tren terkini. Selain itu, Anda bisa melibatkan imajinasi pribadi Anda dan brainstorm ide-ide di kepala Anda kemudian limpahkan semua ide tersebut ke dalam suatu media dengan menuliskannya, mengetiknya, atau dengan membuat sketsa secara langsung. Libatkan imajinasi Anda, luapkan semua ide, dan pilih ide yang paling sesuai dengan ide bisnis produksi tas Anda. (Yeni Endah)


                            Modal yang Dibutuhkan untuk Peluang Bisnis Tas

                            Anda yang tengah mencari peluang usaha, bisnis tas merupakan usaha yang mendatangkan keuntungan besar selama Anda tahu cara menjalankannya secara tepat. Hal itu karena semua orang membutuhkan tas. Agak mustahil menemukan orang yang tidak pernah menggunakan tas seumur hidupnya.

                            Modal  yang dibutuhkan untuk membuka bisnis tas sebenarnya beragam, tergantung dari target pasar yang Anda tentukan.

                            Peluang bisnis tas bisa dimulai dari modal kecil dan besar. Modal kecil bisa digunakan untuk memproduksi tas yang digunakan oleh pembeli menengah ke bawah. Modal besar dapat dipraktikkan untuk tas  branded  bagi kalangan menengah ke atas.

                            Jadi, ini tergantung Anda sendiri mau menjalankan bisnis tas yang seperti apa. Dua-duanya sangat menguntungkan asalkan Anda menjalankan bisnis ini dengan sungguh-sungguh.

                            Selain itu, bisnis ini sangat bisa dilakukan dari jumlah tas yang sedikit dulu. Anda bisa menambah jumlahnya saat meraih keuntungan.

                            Target Pasar Peluang Bisnis Tas

                            Tas merupakan produk yang bisa digunakan oleh segala umur. Anda akan gampang meraih target pasar yang dikehendaki. Anda perlu menentukan target pasar yang spesifik agar tim  promosi  mudah untuk memasarkan produk Anda.

                            Misalnya, Anda membuat tas untuk orang-orang yang hobi berolahraga atau naik gunung, memproduksi tas khusus untuk anak-anak, memproduksi tas untuk anak sekolah dan kuliah, memproduksi tas untuk karyawan, menjadi distributor tas  branded  yang berasal ada produsen luar negeri, dan lain sebagainya.

                            Atau jika Anda ingin menambahkan pesona  Indonesia , Anda juga bisa memproduksi tas yang memiliki unsur Indonesia. Jenis tas ini juga difavoritkan banyak orang, bahkan Anda bisa saja mengekspornya ke luar negeri. Tas-tas kerajinan seperti ini biasanya diminati oleh orang luar negeri.

                            Cara Memasarkannya

                            Cara memasarkan peluang bisnis tas sangat mudah. Coba saja Anda perhatikan berbagai bisnis tas yang sudah hadir di Indonesia. Semuanya memasarkan tasnya melalui  online , seperti media sosial.

                            Anda bisa memaksimalkan promosi dengan menggunakan iklan berbayar atau  endorse  dengan bekerja sama bareng  influencer  yang pengikutnya banyak.

                            Namun, Anda pun harus tepat dalam menentukan  influencer . Misalnya, agak kurang pas jika Anda mengajak kerja sama  influencer  yang fokus ke kuliner. Anda perlu mencari  influencer  yang pas dengan  positioning  usaha tas yang Anda dirikan.

                            Lalu, tidak ada salahnya menjual tas melalui  marketplace  untuk menambah peluang calon pembeli. Masyarakat Indonesia pun ada yang memilih membeli barang-barang atau tas secara  online , walaupun sebagian besar ada yang lebih nyaman membeli tas secara langsung di toko.

                            Dengan menjual tas di  marketplace , Anda tidak hanya bisa menjangkau pembeli di satu wilayah. Tidak perlu heran apabila nanti Anda memiliki pelanggan yang berasal dari luar pulau.

                            Kelebihan Peluang Bisnis Tas

                            Sebelum menjalankan bisnis tas, Anda perlu tahu dulu kelebihan dari bisnis ini. Salah satu kelebihannya yang tidak dimiliki bisnis lain adalah Anda bisa memulai bisnis ini dari modal yang kecil, yaitu Rp10 juta.

                            Dari modal segitu, Anda sudah bisa membuat beberapa tas dengan kualitas yang oke. Usaha itu pun menjadi peluang bagus untuk Anda. Kemudian, apabila seluruh model tas Anda ludes, Anda bisa kembali memproduksi tas dengan jumlah yang lebih banyak.

                            Kelebihan lain yang perlu Anda catat adalah tas sudah lama menjadi kebutuhan masyarakat, sama halnya seperti ponsel. Semua kalangan masyarakat membutuhkan tas untuk kegiatan harian mereka. Untuk itu, Anda bisa memilih target pasar mana yang menjadi fokus Anda.

                            Selain itu, Anda tidak boleh lupa untuk memproduksi tas yang bagus kualitasnya, yang membuat pembeli nyaman ketika menggunakan produk tas Anda itu.

                            Kekurangan Peluang Bisnis Tas

                            Peluang bisnis tas memang bagus, tapi ada risiko yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah harga bahan baku yang bisa naik di waktu dan musim tertentu. Anda perlu siap untuk menghadapi bahan baku yang harganya naik yang mengakibatkan jumlah produksi Anda menjadi menurun.

                            Selain itu, bisnis ini sudah cukup banyak di Indonesia. Ada bisnis tas olahraga, tas kamera, tas untuk pekerja kantoran, tas-tas kecil untuk  fashion , tas untuk pergi ke undangan, dan lain sebagainya.

                            Anda perlu lebih kreatif lagi untuk membuka bisnis tas yang berbeda dari yang sudah ada.

                            Apa Saja yang Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Tas

                            Jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, sebelum memulainya, Anda perlu mempersiapkan hal di bawah ini.

                            1.  Mencari penjual bahan

                            Bahan berkualitas adalah kunci untuk memproduksi tas yang berkualitas pula. Untuk itu, Anda perlu menemukan penjual bahan tas yang tepat, yang memberikan harga wajar pada Anda. Anda perlu melakukan riset yang mendalam untuk menemukannya.

                            Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa penyedia bahan supaya Anda memiliki pengganti apabila stok bahan di salah satu  supplier  sedang kosong.

                            2.  Inovasi

                            Anda perlu melakukan  inovasi  untuk produk tas supaya berbeda dari yang sudah ada. Misalnya, Anda memproduksi tas-tas berukuran kecil yang digunakan untuk anak muda jalan-jalan, bisa juga membuat tas besar khusus ibu-ibu yang senang berbelanja, atau inovasi lainnya yang lahir dari kreativitas Anda.

                            3.  Mempekerjakan tenaga kerja yang tepat

                            Tidak masalah mempekerjakan orang yang belum mahir untuk melakukan pembuatan tas, Anda bisa melakukan pelatihan terlebih dulu untuk beberapa kurun waktu. Lama-kelamaan, orang-orang itu akan terlatih dengan sendirinya setelah bekerja lama dengan Anda.

                            4.  Melakukan promosi yang tepat

                            Jangan lupa untuk menentukan promosi yang tepat untuk bisnis Anda ini.  Media sosial  adalah pilihan bagus untuk berpromosi karena praktis dan mudah.

                            5.  Menjual di lokasi yang tepat

                            Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak masalah membeli tas secara  online . Oleh karena itu, Anda bisa saja menjual tas lewat  marketplace . Anda akan menemukan lebih banyak pelanggan.

                            Apabila Anda ingin membuka toko pun tidak masalah. Namun, di masa pandemi ini masyarakat lebih sering berbelanja  online . Jadi, Anda sebaiknya menjalankan pilihan yang pertama lebih dulu di masa percobaan.


                            Cara Menentukan Harga Jual Tas dan Contoh Perhitungannya

                             Cara Menentukan Harga Tas Berdasarkan Merek dan Model

                            Ini bisa dibilang menjadi salah satu faktor yang penting.

                            Setiap merek memiliki status dan tingkat keinginan yang unik di pasar.

                            Model spesifik, ikonik, langka akan selalu mendapatkan harga yang tinggi.

                            Katakanlah seperti Louis Vuitton, Chanel, Hermes dan masih banyak lagi.

                            Mereka bisa menjual satu produk dengan keuntungan 70% dari modal yang mereka butuhkan.

                            Nah, jika kamu ingin menentukan harga suatu produk, ketahui terlebih dahulu hal unik di tas yang kamu jual.

                            Jika merek tas yang kamu jual belum masuk ke hati konsumen, kamu harus merencanakan cara  pemasaran yang tepat  untuk hal ini.

                            Sembari memperkenalkan merek tas yang kamu jual.

                            Buatlah harga tas berdasarkan bahan-bahan serta bentuk tas yang kamu jual.

                            Berikut caranya:

                            1. Dilihat dari Bahan Baku Tas

                            Jika kamu belum bisa menempatkan merekmu ke para konsumen, keputusan untuk menentukan harga berdasarkan bahan dari tas itu sendiri.

                            Misalnya, harga tas kulit original akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga tas bahan sintetis maupun tas berbahan kain.

                            Harga tas dengan kulit eksotis akan jauh lebih mahal dibandingkan kulit biasa.

                            Mungkin, kamu pernah menjumpai kasus di mana ada tas yang model dan mereknya sama, namun secara harga berbeda. 

                            Itu dipengaruhi oleh jenis bahan apa yang digunakan berbeda.

                            Ketika pelanggan kebingungan, kamu bisa menjelaskan bahan yang digunakan berbeda.

                            Dengan begitu, pelanggan akan berpikir kalau harga yang kamu patok cukup realistis.

                            2. Dilihat dari Kondisi Tas

                            Konsumen melihat suatu barang bukan lagi dari baru atau tidaknya.

                            Namun nilai yang ada di tas.

                            Sehingga, banyak bermunculan orang-orang yang menjual tas-tas  tangan kedua   (secondhand)  namun bisa mahal karena kondisi tasnya masih sangat bagus.

                            Kamu bisa membagi tas yang kamu jual menjadi beberapa tingkatan.

                            Misalnya, tas tangan kedua dengan kondisi terbaik akan lebih mahal dibandingkan kondisinya tidak terlalu baik.

                            3. Aksesoris Tas juga Perlu Diperhitungkan

                            Beberapa tas terkadang memiliki aksesoris tambahan untuk mempercantik desain.

                            Jika kamu menjual dengan cara yang sama, menentukan harga tas berdasarkan aksesoris adalah pilihan yang tepat.

                            Kamu bisa sedikit menaikkan harga karena aksesoris yang ada di tas asli atau original.

                            Misalnya, pembeli bisa mendapatkan  pouch  yang memiliki warna dan model senada dengan tas yang mereka beli.

                            Tas yang mendapat  pouch  itu akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada tas tanpa  pouch.

                            4. Bukti Pembelian

                            Faktor yang juga berpengaruh dalam menentukan harga tas adalah keaslian produk.

                            Jika tas yang kamu jual memiliki sertifikat keaslian, kotak original, kwitansi, label dan nomor seri bahkan surat-surat pembuatan, konsumen tidak akan bermasalah jika harga tas yang kamu jual sedikit lebih mahal dibandingkan dengan  kompetitor .

                            Karena yang kamu jual saat itu bukan lagi hanya sebuah tas yang menjadi produknya, namun juga pelayanan yang memuaskan.

                            Pelanggan akan merasa aman dengan adanya garansi, sertifikat dan sebagainya.

                            Rasa aman inilah yang membuat tas tersebut bernilai tinggi.

                            Menentukan harga tas berdasarkan pelayanan adalah hal mutlak di dalam dunia bisnis.

                            Ambil contoh, sebuah minuman soda yang dijual di pinggir jalan.

                            Kamu akan mendapati harga satu botolnya tidak akan sampai Rp10.000.

                            Namun, jika kamu pergi ke hotel bintang lima memesan minuman soda yang sama, kamu akan mendapati harganya bisa naik 100% bahkan lebih dari harga di pinggir jalan.

                            Kenapa begitu? Karena restoran tersebut menjual pelayanan.

                            Kamu disuguhkan pelayan yang ramah, gelas yang cantik, dan suasana tempat yang indah.

                            Nah, dalam membuat bisnis, kamu juga harus memberikan pelayanan ini.

                            Pelayan yang baik akan memuaskan pelanggan.

                            Ketika kamu bisa memuaskan pelangganmu, barulah mereka akan mau melakukan  repeat order  atau menyarankan ke orang terdekat.

                            Sebaliknya, jika pelayananmu tidak sebaik kompetitor, bisa jadi pelanggan kamu akan lari.

                            5. Perhatikan  Supply  dan  Demand

                            Berapa banyak tas yang kamu jual ke pasaran? Berapa permintaan dari tas tersebut?

                            Faktor yang menentukan harga tas selanjutnya adalah ketersediaan barang.

                            Sebagai pemilik bisnis kamu harus peka terhadap permintaan konsumen terhadap produk yang kamu jual.

                            Jika permintaan pelanggan lebih sedikit dari ketersediaan barang yang kamu lempar ke pasaran, kamu harus mulai menganalisis kenapa hal ini terjadi.

                            Apakah tas yang kamu jual tidak bagus? Atau justru menurut konsumen, tas yang kamu jual harganya terlalu mahal?

                            Dengan begitu kamu bisa menemukan  solusinya . 

                            Kecuali, jika permintaan tas yang kamu jual jauh lebih banyak dibandingkan ketersediaan.

                            Maka, sudah tidak perlu diragukan lagi.

                            Kamu bisa sedikit menaikkan harga tas yang kamu jual. 

                            Jika produk tersebut sudah memiliki banyak pelanggan, maka  value  dari tas yang kamu jual sudah terbentuk.

                            Nah,  value  inilah yang dihargai mahal.

                            Itulah kenapa  upply  dan  emand  menjadi faktor penting menentukan harga tas yang kamu jual.

                            6. Dilihat Siapa Pembuatnya

                            Saat ini, pemilik bisnis berpengaruh terhadap nilai suatu produk.

                            Inilah kenapa barang-barang yang dijual para  influencer   atau  public figure  laku di pasaran.

                            Kamu bisa mendengar harga sepatu yang berharga miliaran hanya karena dibuat oleh  rapper  terkenal.

                            Kenapa  public figure  bisa menentukan harga tas yang dijual?

                            Banyak masyarakat saat ini memandang  public figure  sebagai pedoman mereka.

                            Sehingga, banyak merek terkenal yang melakukan peruntungan projek kolaborasi semacam ini dan sukses.

                            Hal ini didasari dari kecintaan para konsumen terhadap  public figure  tersebut.

                            Sehingga, yang membuat mahal tas yang kamu jual bukan lagi bahannya, melainkan nilai dari pekerjaan tangan si public figure.

                            Kamu bisa mencoba melakukan kolaborasi ini untuk meningkatkan  value  dan harga tas yang kamu jual.

                            Sebelum melakukan kolaborasi, lakukanlah riset terlebih dahulu tentang  public figure  mana yang memiliki  niche  yang sama dengan bisnis tas yang sedang kamu jalani.


                            Contoh Perhitungan untuk Menentukan Harga Jual Tas

                            Masih banyak pemilik bisnis yang tidak bisa menentukan harga jual tas mereka dengan benar.

                            Dalam menentukan harga jual tidak bisa sembarangan.

                            Kamu harus bisa menghitungnya dengan agar kamu bisa lebih mudah dalam pembukuan, juga memprediksi keuntungan penjualan.

                            Berikut ini contoh menentukan harga jual tas yang benar:

                            Katakanlah, harga bahan baku untuk memproduksi 100 buah tas mencapai sekitar Rp5 juta selama satu bulan.

                            Selain itu, kamu juga memakai mesin jahit selama 8 jam dan memiliki satu pekerja untuk 100 buah tas tersebut dengan gaji Rp1,5 juta per bulan.

                            Itu juga ditambah dengan biaya listrik.

                            Tarif dasar listrik 1300 VA ke atas dalam 1 KWH pemakaian adalah sebesar Rp1.467.

                            Jika kamu memakai listrik selama 8 jam, maka total daya pemakaian KWH adalah  (Watt x Lama pemakaian/1000) .

                            Jika kamu menggunakan mesin jahit 95 watt selama 8 jam maka totalnya adalah  95 watt x 8 jam/1000 = 0,76

                            Tarif untuk satu mesin jahit untuk rumah dengan kapasitas 1.300 VA adalah 0,76 x Rp1.467 = Rp1.114,92.

                            Dalam satu bulan ada 22 hari, artinya  Rp1.114,92 x 22 = Rp24.528, 24

                            Setelah itu kamu totalkan seluruh biaya yang ada.

                            Biaya Bahan Baku : Rp5.000.000

                            Biaya Tenaga Kerja : Rp1.500.000

                            Biaya listrik : Rp24.528,24

                            Totalkan semua biaya, lalu dibagi jumlah tas yang diproduksi.

                            Kemudian tentukan jumlah margin yang ingin kamu ambil sebagai keuntungan, ambil contoh 30%.

                            Harga Jual Tas : Harga Biaya (Total + Laba)/ Jumlah produksi  

                            = (Rp6.524.528,24 + (30% x Rp6.524.528,24) / 100 

                            = Rp8.481.886,712 / 100 

                            = Rp84.818, 86 untuk satu buah tas dengan margin 30%.


                            Sudah Siap Menentukan Harga Jual Tas Pada Bisnis Kamu?

                            Memang tidaklah mudah untuk memunculkan semua faktor di atas ke dalam bisnismu.

                            Apalagi, jika bisnis tas yang sedang kamu jalani saat ini  masih tergolong baru.

                            Nah, cobalah untuk ketahui faktor apa saja yang sudah ada di dalam bisnis yang kamu jalani saat ini.

                            Manfaatkanlah faktor tersebut untuk menentukan harga tas yang kamu ingin jual.

                            Sembari kamu melakukan penjualan, perlahan ciptakanlah faktor-faktor yang belum kamu miliki ke dalam bisnis tas yang kamu sedang jalani, sehingga nantinya bisnis tas tersebut akan perlahan berkembang dan mencapai potensi maksimalnya.


                            sumber: 

                            https://koinworks.com/blog/cara-menentukan-harga-jual-tas/

                            https://www.modalrakyat.id/blog/peluang-bisnis-tas

                            Posting Komentar

                            0Komentar
                            Posting Komentar (0)
                            wa
                            wa